Tentang Jurusan Hubungan Internasional

Bulan Desember seperti sekarang adalah saat dimana adik-adik kelas XII SMA/SMK sederajat pusing memilih dan menentukan jurusan untuk melanjutkan studi ke pendidikan tinggi. Terkadang menurut pengalaman penulis, banyak orang yang memilih jurusan asal-asalan sehingga pada saat kuliah studinya menjadi tidak lancar atau malah kacau balau.

Sebagai mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran, penulis mencoba untuk memberikan gambaran kepada adik-adik kelas XII semua mengenai jurusan Hubungan Internasional. Mungkin adik-adik semua bertanya-tanya, apa itu Jurusan Hubungan Internasional? Mungkin sudah pernah mendengar tapi tidak tahu maksudnya atau barangkali belum pernah mendengar sama sekali tentang jurusan ini? Ada baiknya penulis membagikan pengalamannya mengenai hal tersebut.



Jurusan Hubungan Internasional (HI) adalah suatu program studi yang dulunya merupakan cabang atau disiplin dari Ilmu Politik. Seiring berkembangnya studi tentang HI, mulailah dibuka jurusan HI pada pendidikan tinggi sebagai studi tersendiri. Jadi otomatis, kalian yang memilih jurusan HI akan belajar mengenai politik karena studi tentang HI basisnya adalah Ilmu Politik.

Jurusan HI di Indonesia pertama kali dibuka oleh Universitas Gajah Mada (UGM) diikuti Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Indonesia (UI). Ketiga universitas ini merupakan pioneer berkembangnya studi HI di Indonesia. Jika adik-adik ingin mencari tempat studi yang terbaik tentang HI, penulis menyarankan untuk mendaftar ke UGM kemudian Unpad dan UI. Tentu saja persaingannya tidak mudah. Biasanya kuota yang disediakan di ketiga universitas tersebut tidak mencapai 100 orang, sedangkan peminatnya bisa mencapai seribu sampai dua ribu orang pendaftar. Tentu saja diperlukan usaha ekstra agar bisa tembus ke tiga universitas tersebut. Tips dan trik untuk lolos ke HI akan penulis bicarakan kemudian.

Selain memiliki basis politik, HI yang konsentrasi politiknya berada pada kancah internasional juga memerlukan kemampuan dasar bahasa Inggris yang kuat. Bahkan beberapa buku teks yang digunakan adalah berbahasa pengantar Inggris. Selain itu, biasanya ada satu bahasa lain yang harus dikuasai ketika mengambil mata kuliah pilihan di semester lanjutan. Maka dari itu penulis sarankan agar adik-adik mulai belajar bahasa asing dari sekarang, minimal kemampuan bahasa Inggrisnya ditingkatkan.

Tentu saja studi HI sangat berkaitan erat dengan isu-isu internasional. Adik-adik harus mulai menyukai berita-berita yang berkaitan dengan studi HI karena akan sangat bermanfaat bagi pengetahuan adik-adik. Kemudian, terlepas dari itu semua, kemampuan pengetahuan sejarah dunia juga sangatlah penting. Studi HI tak lain dan tak bukan juga sangat erat kaitannya dengan ilmu sejarah. Biasanya para penstudi HI selalu menganalisis peristiwa-peristiwa sejarah yang ada di dunia. Peristiwa tersebut pada akhirnya akan menjadi pelajaran agar sejarah yang penuh darah tersebut tidak terulang di kemudian hari. Biasanya studi sejarah yang ada membahas tentang peperangan, konflik maupun konstelasi politik pada masa-masa tertentu.

Kemudian adik-adik selain akan menghadapi hal-hal tersebut, jangan heran jika nanti teman-teman yang akan adik-adik miliki punya kemampuan bahasa Inggris di luar kepala atau pun pengetahuan sejarah yang luas. Bahkan tidak heran jika teman-teman adik-adik hafal peta dunia dari abad pertengahan hingga sekarang. Yang jelas adik-adik harus mulai menyukai itu semua. Kemudian, satu lagi yang terpenting adalah ketahanan membaca yang cukup kuat karena buku yang ada di HI hampir mirip dengan buku kedokteran yang cukup tebal-tebal.

Buku Pengantar Ilmu Politik yang dibawa oleh mahasiswa HI

Cukup mengerikan bukan?

Untuk adik-adikku yang tadinya ingin masuk HI dan setelah membaca tulisan diatas kemudian mengurungkan niatnya, jangan pesimis terlebih dahulu. Belajar HI itu cukup menyenangkan. Paling tidak jika pulang ke asal daerah adik-adik, adik-adik akan merasa bahwa pengetahuan adik-adik sekarang lebih terbuka. Jika kita mengambil studi HI maka jangan heran jika pulang ke rumah kita akan dijuluki pintar berbahasa Inggris dan barangkali mungkin jago politik. Jadi, maka dari itu kita perlu tahu informasi-informasi aktual yang terjadi di dunia dan mempelajari bahasa Inggris sebaik mungkin.Yang terpenting sebelum menentukan akan memilih jurusan HI, adik-adik harus mengetahui semua konsekuensinya.

Kemudian, Mau kerja apa setelah lulus dari HI?

Pertanyaan ini adalah pertanyaan cukup klasik karena yang terfikir dari kita jika mendengar HI maka akan erat hubungannya dengan Kemenlu (Kementerian Luar Negeri), Kedutaan, Diplomat, Duta Besar dan lain-lain, padahal ranah tersebut sangatlah susah untuk ditembus. Perlu kita ketahui bersama bahwa tes-tes masuk ke Kemenlu tidak hanya bisa dimasuki oleh lulusan HI saja melainkan semua jurusan, oleh karena itu kita harus menunjukkan kemampuan kita sebagai lulusan HI agar bidang yang kita pelajari tidak sia-sia. Ternyata, jika kita melihat HI hanya akan bekerja pada bidang-bidang tersebut, maka pandangan tersebut agaknya menjadi terlalu sempit. Karena, HI sangatlah luas, kita bisa bekerja di MNC (Multi National Corporation) atau mungkin menjadi jurnalis dan masih banyak lagi seperti volunter organisasi internasional, anggota organisasi internasional maupun di dunia perkantoran yang mengurusi bidang kerjasama luar negeri.

Pada intinya, studi HI sangatlah luas. Jadi jangan takut tentang pekerjaan apa yang akan kita lakoni nanti. Yang paling penting jika adik-adik berniat masuk HI, berusahalah sekuat mungkin, karena jurusan ini adalah jurusan yang masuknya susah, kuliahnya susah, lulusnya susah dan kerjanya juga susah. Dari tulisan ini penulis berharap agar adik-adik yang akan melanjutkan studi ke HI mempertimbangkan dan berusah lebih matang untuk menghadapi pilihan-pilihan masa depan. Semoga bermanfaat!

45 comments:

  1. gimana sih caranya supaya bisa lulus di HI? kalo di snmptn,penilaiannya gmna supaya bsa lulus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Maira. Kalau secara spesifik untuk SNMPTN tidak ada cara khusus untuk masuk jurusan tertentu. Hanya saja biasanya jurusan tertentu akan melihat nilai-nilai tertentu yang berhubungan dengan bidang jurusan tersebut sebagai titik berat penyeleksian calon mahasiswa. Misalnya jurusan sejarah akan melihat lebih rinci mengenai nilai rapor mata pelajaran sejarah. Selanjutnya juga dilihat grafik nilai rapor apakah naik atau tidak. Serta tinggi rendahnya nilai rapor dibandingkan dengan siswa lain dalam satu sekolah atau sekolah lain yang memilih jurusan yang sama. Jika punya prestasi-prestasi tertentu, SNMPTN bisa menjadikan prestasi tersebut menjadi pertimbangan penerimaan calon mahasiswa. Misalnya, juara lomba debat, lomba menulis dll.

      Untuk HI sendiri rata-rata memberikan kuota 50-100 kursi di PTN. Kecuali mungkin Universitas Brawijaya yang menerima lebih dari 100 mahasiswa HI. Untuk UNPAD dan UI kurang dari 100, sedangkan peminatnya bisa 1200-2500 mahasiswa per tahunnya.

      Tips-Tips tambahan bisa lihat http://abroadlythinking.blogspot.co.id/2014/12/tips-tips-masuk-perguruan-tinggi-negeri.html namun jangan dijadikan single source, Maira bisa cari tips-tips lain yang juga memiliki perbedaan perspektif. Semoga berhasil!

      Delete
  2. Kak kebetulan aku anak bahasa, aku pengen kuliah HI. Tentu untuk jalur sbm kan ips dan ipa. Di jurusan bahasa pasti kan pelajaran ips gak semaksimal di jurusan ips. Selain itu binggris juga harus bagus kan di HI itu.
    Nah jika kakak jadi aku, apa yang kakak lakukan dan usahakan agar bisa tembus jurusan HI di ptn yang diinginkan???
    Tolong sarannya ya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke, kalau untuk bahasa Inggris sebenarnya asal kita memiliki basic untuk membaca dan memahami teks bahasa Inggris itu sudah cukup. Kalau untuk listening dan speaking, asalkan kita mau membiasakan diri ngobrol dengan teman menggunakan bahasa Inggris sembari belajar di HI, lama-kelamaan kemampuan kita akan meningkat sendiri. Kecuali kalau Agnes memang benar-benar blank dengan bahasa Inggris nah itu baru berbahaya.

      Menurut saya, Agnes sepertinya harus belajar dari jauh-jauh hari untuk menghadapi soal-soal SBMPTN. Yang terpenting adalah banyak latihan menjawab soal-soal tersebut karena dengan begitu Agnes nantinya akan terbiasa. Jangan takut dengan saingan dari jurusan IPS, walaupun memang mereka memiliki modal yang bagus dibidangnya, sebagai catatan, soal SBMPTN lebih tinggi levelnya dibanding soal UN, sehingga baik dari jurusan IPS juga perlu belajar lagi agar dapat menjawab soal-soal tersebut dengan baik.

      Saran saya, sebagai pondasi, beli saja buku-buku sistem kebut semalam untuk mata pelajaran IPS lalu baca hingga khatam. Di sana biasanya telah disajikan materi pelajaran SMA secara lengkap dari semester kelas X-XII. Jadi dengan membaca buku-buku semacam itu kamu secara tidak langsung sudah menjadi anak jurusan IPS. Hebat kan! Dan terakhir jangan lupa berdoa. Semoga berhasil!

      Delete
  3. Hai kak aku mau nanya nih, biaya persemester jurusan HI jalur SNMPTN berapa ya kira-kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung pada kemampuan orang tua. Untuk PTN semuanya menerapkan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan untuk di Unpad sendiri tahun 2015 kemarin UKT dibagi menjadi 5 kategori.

      Berikut pengkategorian UKT untuk jurusan Hubungan Internasional angkatan 2015:

      1. 500.000
      2. 1.000.000
      3. 2.500.000
      4. 6.000.000
      5. 7.000.000

      P/S. data ini hanya berlaku bagi angkatan 2015 dan 2016 bisa saja berubah.

      Delete
  4. UKT untuk tahun 2016/2017 itu bagaimana kak?

    ReplyDelete
  5. Kak kalau untuk tes sbmptn, biasanya matpel apa aja yg diperhatikan kali? Soalnya saya tidak terlalu menguasai seluruh konsep mapel, kayak geo. Mohon dibalas ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, untuk mapel yang diperhatikan itu seperti Black Box diseleksi SBMPTN. Bahkan nilai hasil SBMPTN kita tidak pernah dipublikasikan sama sekali. Nah saran saya, kamu kerjakan semua mata pelajaran, jangan sampai ada satu mata pelajaran yang kosong atau tidak diisi sama sekali meskipun kamu hanya bisa mengisi satu atau dua soal saja pada mata pelajaran yang kamu kurang kuasai. Saya dulu lemah di matematika, oleh karenanya dari 15 soal mungkin saya hanya mengerjakan 3-6 soal saja.

      Delete
  6. Kak,aku kan masih smp,nantinya mau nyari HI juga. Nah pas SMA cocoknya ke jurusan IPS /apaa kak?tolong solusinya

    ReplyDelete
  7. Kak,aku kan masih smp,nantinya mau nyari HI juga. Nah pas SMA cocoknya ke jurusan IPS /apaa kak?tolong solusinya

    ReplyDelete
  8. Kak,aku kan masih smp..nantinya mau nyari HI juga. Nahh pas SMA cocoknya nyari jurusan IPS /apa kak?tolong bantuannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah semangat sekali masih SMP sudah berencana mau mengambil kuliah HI. Tentu saja IPS adalah pilihan yang sangat direkomendasikan untuk masuk ke HI kelak. Selain pelajarannya nyambung, kamu akan lebih mudah menerima materi-materi HI karena berbau sosial-politik yang mana dasar-dasarnya sudah dipelajari di SMAnya, meski hanya sebagian kecil.

      Delete
  9. Kak, saya adalah maba jurusan HI di suatu pts, karna sebulan lagi udh mulai perkuliahan jadi saya lagi cari cari buku hehe. kakak ada referensi buku yang bagus untuk memahami dasar2 HI gak kak? Soalnya aku dari jurusan ipa juga.. makasig kaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau referensi sih saya biasa menyarankan ini:
      https://www.quora.com/I-want-to-know-more-about-foreign-policies-international-relations-can-anyone-suggest-some-books-on-foreign-affairs-for-beginners/answer/Agaton-Kenshanahan?srid=qreV untuk pengantar HI. Tapi setiap Univ punya preferensi dan fokus berbeda-beda, sehingga literatur yang dipakai akan berbeda pula. Akan lebih baik apabila kamu bertanya kepada kakak tingkat yang kuliah di sana karena buku yang dipakai kakak tingkat ndak akan jauh berbeda dengan adik tingkatnya. Nanti takutnya kamu sudah beli, buku yang dipakai malah berbeda dengan yang disarankan dosen. Lagipula tahun pertama biasanya belum masuk materi HI, masih pengantar ilmu-ilmu umum seperti Politik, Ekonomi, Hukum, Agama, Pancasila (PKn) dan sejenisnya.

      Delete
  10. kak dari smp aku tuh minatnya emang ke HI ya. tapi skrg aku SMK dan SMK rasanya dipandang sebelah mata doang kalau buat jurusan HI. tapi kira kira bisa ga si kak anak SMK Pariwisata masuk ke HI apa otak kita yang SMK sama sama SMA?

    ReplyDelete
  11. kak aku dari smp sudah minat di jurusan HI dan alhamdulillah mungkin karena ortu dua duanya juga politik dan hukum aku emang tertarik banget sama politik luar maupun dalam negeri. nah tapi aku sekarang itu SMK Pariwisata kak, banyak yang bilang kalau SMK kemungkinan cuma 1% aja keterima di HI apalagi di PTN. Menurut kakak bisa ga si anak jurusan SMK Pariwisata masuk HI? apa cocok gitu?

    ReplyDelete
  12. halo kak, aku mau nanya. aku dari smp emang udah minat banget buat masuk jurusan HI, dan di dukung banget sama mama ayah karena banyak yang bilang ketertarikan aku sama politik luar negeri atau apapun yang menyangkut informasi luar negeri tuh emang dalam banget. tapi masalahnya aku sekarang SMK Pariwisata dan udah kelas XXII. banyak yang bilang kemungkinan masuk HI di PTN untuk SMK itu sedikit, aku juga ya tetep berusaha nyoba dulu. nah masalahnya mereka pada bilang kalau aku tuh ga cocok di HI karena jurusan yang melencong banget dari jurusan aku yaitu Pariwisata. menurut kakak anak Travel bisa ga masuk HI? karena skrg aku bener bener mikir keras karena itu. thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah saya baru tahu kita sekolah sampai kelas XXII (22), haha. Memang kemungkinan masuk HI bagi anak non SMA tidak sebesar anak SMA, ini dibuktikan dari jarangnya anak SMK yang kuliah jurusan HI, kebanyakan memang dari SMA jurusan IPA dan IPS. Tapi jangan berkecil hati terlebih dahulu, teman satu angkatan saya di HI Unpad ada kok yang dari SMK, jurusan pemasaran, dia masuknya lewat jalur SNMPTN lagi. Kalau mau dicoba, dicoba saja dulu. Kalau memang niat sekali, ya dari sekarang mulai mempersiapkan diri, terutama untuk kemungkinan terburuk: harus ikut SBMPTN. Jadi ya harus belajar mapel SMA juga, yang jurusan IPS tentunya karena HI ranah ilmu-ilmu sosial. Sebenarnya anak IPA juga tidak cocok masuk HI, tapi tiap tahun banyak juga yang masuk HI dari jurusan tersebut.

      Namanya belajar memang tidak ada yang instan. Namun tidak menutup kemungkinan bagi kita untuk bersiasat. Saya sarankan mulai banyak mencari buku Sistem Kebut Semalam yang memuat rangkuman pelajaran IPS SMA dari kelas 1-3 untuk dipelajari karena dasar-dasarnya dari situ, yang penting banyak latihan dengan soal-soal SBMPTN karena soal dengan begitu kamu akan terbiasa ketika sudah berhadapan dengannya di ruang ujian. Maksimalkan pengerjaan SBMPTN pada soal-soal yang dikuasai. Jangan sampai ada soal di satu mapel yang kosong, kalau dalam satu mapel itu ndak bisa ngerjain semua, kerjakan satu saja yang penting diisi.

      Yang terpenting kita tidak boleh stres. Apalagi Laras harus mempersiapkan untuk ujian kelulusan SMK juga kan? Kalau dari sekarang masih fokus untuk itu, ya sudah tidak apa-apa, nanti setelah UN pasti libur lama kan, nah waktu tersebut bisa dimanfaatkan untuk belajar SBMPTN.

      Siapkan juga rencana cadangan kalau ternyata hasil SBM tidak sesuai.

      O ya, jawabannya BISA, untuk pertanyaan -> "menurut kakak anak Travel bisa ga masuk HI?"

      >nah masalahnya mereka pada bilang kalau aku tuh ga cocok di HI karena jurusan yang melencong banget dari jurusan aku yaitu Pariwisata< - Kan ini kata mereka, dari jurusan memang tidak cocok, tapi kalau kamu passion terhadap HI ya monggo-monggo saja dipilih, wong yang mau kuliah kan kamu, bukan mereka.

      Delete
  13. Wow ini keren banget tpi bagaimana caranya ? Sebentar lgi saya lulus saya mau ambil kuliah dibagian HI tp saya blm bsa bahasa inggeris

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mosok to belum bisa? mungkin kamu kurang pede saja, kan sudah belajar sejak SD, mungkin tinggal dimantapkan saja, mulai sering-sering baca tulisan bahasa inggris nanti juga terbiasa...

      Delete
  14. Kak, kalau aku kan dari jurusan bahasa kira-kira kalau masuk HI lewat snmptn gimana? Apa ada kemungkinan? Karena kalau dilihat dari hasil rapot, mata pelajaran ips itu ngga begitu diperdalam, terlebih kelas bahasa belum belajar ekonomi, geografi. Gimana ya kira-kira? Tapi aku punya beberapa sertifikat yang mungkin dapat menunjang masuk ke fakultas HI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Niken, mbb karena sedang kalut di kampus. Melihat statistik dalam 3 tahun terakhir, terakhir anak sma jurusan bahasa yang masuk lewat snmptn itu hanya 1 orang dan itu pun tahun 2013 lalu. Saya ndak dapat memastikan bagaimana kemungkinannya, tapi di tahun saya bahkan ada anak SMK pemasaran yang bisa masuk lewat jalur SNMPTN ke HI Unpad, kalau yakin ya dicoba saja. Coba kamu cek https://web.snmptn.ac.id/ptn/36/9486

      Delete
  15. Hi kak, saya mau tanya. Saya kelas 10 jurusan IPA. Nah, kalau mau masuk HI yang harus dipelajarai apa saja? Makasih, kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah harusnya kalau mau jurusan HI masuknya ke IPS Untari hehe. Namun, karena sudah terlanjur sih saran saya yang penting lulus UN dulu baru setelah itu belajar untuk SBMPTN ngambilnya Soshum. Ya kalau ingin baca-baca tentang HI monggo saja bisa dalami sejarah dunia, menurut saya itu salah satu wawasan yang perlu dimiliki anak HI.

      Delete
  16. Saya tidak tertarik dengan berita politik.Tapi disisi lain saya interest dengan jurusan HI sejak lama dikarenakan saya sangat suka bahasa inggris.Saya juga mendengar bahwa HI itu beragam bidang seperti politik dan budaya.Maka dengan itu saya tidak perlu menguasai ilmu politik karena ada bidang lain seperti budaya.Apakah ini alasan yg cukup logis untuk memilih HI sebagai jurusan saya kak?Kasih saran ya kak.Terima Kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. To be honest, sebenarnya studi HI itu merupakan disiplin dari Ilmu Politik, sehingga ketika sudah masuk ke jurusan HI, pasti tidak akan jauh-jauh dari politik. Tidak suka menurut saya juga tidak apa-apa, tapi nanti jangan kaget kalau dalam mempelajarinya banyak bersinggungan dengan bahasan-bahasan politik.

      Delete
    2. Apa kita harus punya pengetahuan dasar tentang politik maupun sejarah sebagai modal untuk menjadi mahasiswa HI kak?Dan bagaimana apabila sudah terlalu terlambat untuk mulai menguasai informasi politik & sejarah?Terima kasih kak

      Delete
    3. Nyante saja, nanti di perkuliahan juga belajar lagi kok Dasar Dasar Ilmu Politik, Sosial, Hukum dan Ekonomi. Yang penting kita harus tekun mempelajarinya dengan cara rajin baca.

      Delete
  17. Hai Kak, Saya skrg Sdah Kelas XII , tpi Saya Masih Bingung Utk Masuk Jurusan Apa , Tpi setelah Searching semua Jurusan2 Disetiap Kampus, Saya Tertarik Dgn jurusan HI Krna Menurut saya, Itulah Bidang Saya Sebenarnya, tpi Yg jdi Masalah Saya ambil Jurusan IPA, Pdahal Yg Kubaca Di Beberapa Artikel menyebutkan Bahwa Hi Cocok Utk Siswa/i jurusan IPS, apakah Persaingan Utk Masuk HI sama Dgn siswa Yg Jurusan IPA, Ips Ataupun Anak SMK lainnya?

    ReplyDelete
  18. Kak..aku skrg kan udh kls 3...udh hampir tamt..trus aku udh konsultasi sma senior di sklh aku tntg jurusan apa yg kemungkinan besar aku lolos di snmptn..nah senior aku itu blg..aku kemungkinan lolos di akuntansi..sedangkan aku maunya HI kak..trus ktanya aku gk bsa msk hi krn nilai geo aku gk terlalu tinggi..trus gmn ya kak? Emg nilai apa2 aja sih kak yg diliat utk snmptn hi?

    ReplyDelete
  19. Kak...aku kan udh konsultasi snmptn sm senior aku disklh..trus aku blg aku mau jurusan hi..trus kta senior aku..aku gk bsa luus hi snmltn krn nilai geo aku gk terlalu tinggi..dia nyaranin aku msk akuntansi..pdhal aku pengen bnget hi kak..bahkan aku jga udh bljar bhs asing kak..emg nilai apa2 aja yg diliat utk snmptn hi kak? Trus gmn solusinya kak?

    ReplyDelete
  20. Kak.. un tahun 2017.. 3 mata pelajaran peminatan ( ekonomi geografi sosiologi) dipilih 1 sesuai dengan pilihan peserta didik. Kalau mau ke hi.. aku harus pilih yang mana?

    ReplyDelete
  21. Ka saya mau pilih jurusan HI tapi masih blum bisa bhs inggris, gmana ka?saya kls12ips

    ReplyDelete
  22. kak di HI itu semua study nya full english nggk kak

    ReplyDelete
  23. kak di HI itu semua study nya full english nggk kak

    ReplyDelete
  24. Saya kelas 12 IPA tapi saya memiliki minat di HI, dan dikarenakan snmptn sudah boleh lintas minat, saya ambil jurusan itu, kira2 nilai matapelajaran apa yang menjadi pertimbangan nantinya?

    ReplyDelete
  25. Hallo ka.. boleh sharing ga ka refrensi buku2,bacaan2 selama belajar HI,dan kalau boleh buku2 kesukaan kaka yang membahas mengenai HI juga ya ka.. makasih ka

    ReplyDelete
  26. Hallo ka.. ka boleh sharing ga buku2 atau bacaan apa aja yang kaka pake untuk belajar HI atau buku2 kesukaan kaka yamg membahas mengenai HI ka,makasih ka..

    ReplyDelete
  27. Kak, saya adalah maba Unpad HI 2018, saya ingin bertanya mengenai matkul bahasa asing di semester lanjutan itu ada apa saja kak? karena jujur saya cuman bisa bahasa inggris sbg bahasa asing .
    dan kira2 sebagai referensi buku kakak rekomendasi apa saja yg bisa saya persiapkan

    ReplyDelete
  28. halo kak! aku kan orngnya suka sulit memahami isi sejarah apalagi kalo sampe harus di hafal, kira2 nanti bisa kebantu ga ya pas udh masuk jurusan HI nya?

    ReplyDelete
  29. Aku ni mau masuk kuliah Hi tapi ngk yakin bisa masuk, menurut kk universitas mana yang lebih mudah masuk kk ,plesss solusinya kk aku dh kls 12 pusing bgt kyk mna cara ny ntr biar lulus hi

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum kak,sy siswa smk kelas sebelas jurusan akuntansi. Nah sy ingin bngt bisa kuliah di jurusan HI, beberapa kakak kelas saya juga menyarankan seperti itu. Sy sedikit bisa lah ttg bhs inggris dan sy ingin daftar ke ptn melalui jalur snmptn. So gimana nih saran dari kakak? Sedang aku masih kurang pd sih soalnya saingannya ank sma sma yg nilai teorinya pasti bagus2. Gimana kak sarannya buat aku anak smk utk bisa lulus ujian masuk jurusan HI. Mohon bgt ya kak sarannya, makasih😊

    ReplyDelete
  31. ohh iya kak minta sarannya bagaimana saya bisa tetap optimis dengan keinginan saya untuk bisa lulus di UGM karna sekolah saya memang belum pernah ada alumni didalamnya akan tetapi sekolah saya memiliki akreditasi A Dan Alhamdulillah saya selalu mendapatkan juara kelas dan juara umum disekolah.. bagaimana ya pendapat kakak kakak semuanya apaa saya bisa lulus jalur SNMPTN?

    ReplyDelete

Powered by Blogger.