Jangan Takut Kuliah

Pendidikan adalah suatu unsur yang penting untuk mencapai kesuksesan. Walaupun tidak semua kesuksesan berasal dari pendidikan, namun pendidikan di zaman modern ini adalah hal yang cukup menentukan. Lapangan pekerjaan di Indoensia masih sangat menghargai ijazah setinggi-tingginya yang di dapatkan dari lembaga pendidikan. Oleh karena itu kita tidak boleh mengesampingkan pendidikan dari diri kita.

Mahasiswa yang sedang menunggu jam kuliah

Berbicara masalah pendidikan, tentunya tidak lepas dari pembicaraan mengenai tingkat pendidikan. Tingkat pendidikan di Indonesia masih terbilang cukup rendah dan rata-rata orang yang karena masalah biaya enggan melanjutkan pendidikan khususnya ke pendidikan tinggi.

Biaya kini merupakan masalah yang sangat klasik bagi orang-orang yang ingin melanjutkan kuliah. Entah karena orang tua tidak dapat membiayai ataupun karena mereka berasal dari keluarga yang (mohon maaf) miskin. Alasan tersebut bisa dibenarkan di satu pihak, namun di pihak lain alasan tersebut tidak bisa dibenarkan ketika melihat orang-orang yang bisa berkuliah walaupun tanpa dana yang dikucurkan dari orang tua. Tentunya dengan usaha yang tidak sedikit.

Banyak cara untuk kuliah tanpa harus menggunakan dana dari orang tua. Kita harusnya malu jika terus bergantung kepada orang tua. Sekarang, di dunia perkuliahan sudah cukup banyak beasiswa yang dikucurkan dari pemerintah, misalnya saja BIDIKMISI. Anda bisa mendaftar beasiswa ini. Simak tulisan  Jangan Takut Jadi Mahasiswa Bidikmisi! Sebenarnya masih banyak beasiswa lain, namun beasiswa ini adalah beasiswa mainstream yang dibiayai oleh pemerintah.



Masih banyak cara lain yang bisa Anda tempuh untuk membiayai kuliah Anda sendiri. Anda bisa berwirausaha ataupun sembari kerja part time, bahkan menulispun bisa menjadi kesempatan. Apapun kemampuan yang Anda miliki bisa digunakan asal Anda mampu mencari dan memanfaatkan peluang yang ada.

Pada intinya adalah kembali kepada niat kita. Asalkan kita punya niat yang baik, Insya Allah, Allah akan membantu. Seperti kata hadist Nabi bahwa "segala sesuatu amal itu bergantung kepada niat" dan selanjutnya "orang akan mendapatkan apa yang ia niatkan". Tentunya kita tidak boleh patah semangat sebelum ibaratnya menggunakan pedang kita. Yang terpenting kita harus memantapkan niat terlebih dahulu, berusaha sekuat tenaga dan selalu berdoa kepada Allah SWT.

No comments

Powered by Blogger.