Memperbaiki Diri dengan Kegiatan Mentoring

Allahuakbar, Allahuakbar...! Para peserta yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran (FISIP Unpad) itu pukul empat pagi bangun dari tidurnya. Mereka segera beranjak dari kos-kosan menuju Masjid Raya Unpad yaitu Bale Aweuhan.

Para mahasiswa tersebut sebagian ada yang masih mengantuk dan lainnya mungkin cukup tidur sehingga keadannya segar bugar. Namun tanpa membandingkan dua jenis peserta yang ikut dalam kegiatan ini, mereka pada intinya ingin melaksanakan satu tujuan utama yaitu sholat shubuh berjamaah.

Tahun ini Dewan Kemakmuran Mushalla (DKM) FISIP Unpad mengadakan suatu acara yang telah dilaksanakan rutin tiap tahun. Acara tersebut adalah Mentoring Agama Islam (MAI) yang ditujukan bagi mahasiwa baru FISIP Unpad.


Mentoring ini merupakan suatu kegiatan yang dilaksanakan dalam berbagai rangkaian acara. Acara pertama dimulai dari Grand Opening MAI yang dilaksanakan pada tanggal 7 September 2014 lalu. Disini para mahasiswa diberi penjelasan mengenai apa itu mentoring. Mentoring merupakan suatu kegiatan dimana para mahasiswa bisa berkumpul bersama secara rutin untuk mengadakan suatu kajian keislaman dengan mentor yang masing-masing ditempatkan pada satu kelompok berjumlah sekitar delapan hingga dua belas orang. Setelah melakukan rangkaian pembukaan dan melaksanakan kegiatan mentoring setengah tahun pada 30 November 2014, diadakanlah Mentoring Gabungan (Mengab). Rangkaian kedua ini merupakan suatu mentoring yang kelompok-kelompok tadi pada akhirnya di gabungkan untuk mengkaji dan mendengarkan ceramah keislaman bersama-sama. Kemudian setelah melaksanakan  Mengab, dilanjutkan dengan UAS Mentoring. Disini para mahasiswa FISIP Unpad di tes  dan acara ini merupakan rangkaian acara terakhir dari kegiatan  Mentoring Agama Islam FISIP Unpad 2014.

UAS mentoring tahun ini bertemakan “Sholat Subuh Berjamaah”. UAS tersebut berlangsung selama dua hari berturut-turut pada tanggal 12-13 Desember 2014, bertempat di Masjid Raya Unpad Kampurs Jatinangor, Sumedang. Dalam UAS ini para mahasiswa yang telah mengikuti mentoring selama satu semester wajib untuk melaksanakan shalat shubuh berjamaah di Masjid Raya Unpad. Setelah melaksanakan shalat shubuh berjamaah, mereka mendengarkan ceramah dan bermuhasabah dalam dua hari tersebut. Peserta shalat shubuh berjamaah ini kurang lebih diikuti sebanyak 200 mahasiswa FISIP Unpad, demikian disampaikan oleh salah seorang panitia, Basyir dari Jurusan Hubungan Internasional 2013.

Panitia Mentoring Agama Islam FISIP Unpad 2014

Menurut Ketua Pelaksana MAI FISIP Unpad 2014, Muhammad Zulkaromi, acara ini bertujuan agar para mahasiswa baru bisa memperbaiki sekaligus menjaga diri dari kondisi lingkungan FISIP Unpad yang masih perlu ditingkatkan akhlaknya. Ia juga menambahkan bahwa harapan dari kegiatan ini adalah untuk INSPIRING. INSPIRING ini merupakan singkatan dari Innovative, Smart, Priority and Ukhuwah building.


 Suasana UAS Mentoring di Masjid Raya Unpad (Bale Aweuhan)

Kegiatan ini mendapat sambutan positif dari peserta. Salah satu peserta MAI 2014 dari Jurusan Administrasi Negara, Arif Rahman, ketika dimintai komentar tentang MAI berkata,”MAI bermanfaat, juga mempererat silaturahmi antar mahasiswa muslim di FISIP Unpad. Kita juga bisa mengambil ilmu dan membagikan ilmu yang kita miliki kepada teman-teman kelompok.” Kemudian mentoring yang dilaksanakan dalam satu semester ini menurutnya masih kurang,”kalau bisa mentoring ini dilakukan dalam jangka panjang selama sekitar tiga tahun di FISIP supaya ilmunya tetap diingat dan tidak lupa setelah selesai rangkaian MAInya.”

 Peserta mentoring yang membagikan sarapan kepada warga di sekitar Universitas Padjadjaran

Acara ini kemudian ditutup dengan para peserta makan bersama di selasar Masjid Raya Unpad. Setelah itu mereka membagi-bagikan sarapan bagi para warga di sekitar Universitas Padjadjaran.



2 comments:

Powered by Blogger.