Book Review: @Allah #MasihkahENGKAUdiDalam ? (Rio Alfajri)

Judul:  
@Allah #MasihkahENGKAUdiDalam ?
Penulis:
Rio Alfajri (Universitas Padjadjaran)
Penerbit:
DAR! Mizan
Tahun:
Certakan I, 2015
Halaman:
100









Assalamualaikum Kawan-kawan semua!

Kali ini saya akan mereview buku yang ditulis oleh kakak tingkat sekaligus mentor saya di bangku perkuliahan. Sebelum membahas bukunya alangkah lebih baik kita mengenal penulisnya terlebih dahulu.

Namanya Rio Alfajri, merupakan seorang mahasiswa Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Padjadjaran angkatan 2012. Rio ini gemar sekali menulis, berorganisasi dan melakukan kegiatan berbasis pengabdian masyarakat. Ditengah kesibukannya menulis tugas-tugas kuliah, Rio juga kerap menulis di Koran sebagai media corat-coretnya. Beberapa koran yang pernah memuat tulisannya antara lain Kompas, Koran Sindo, Pikiran Rakyat dan Bola. Saya juga banyak belajar dari beliau mengenai dunia tulis menulis.

@Allah, #MasihkahENGKAUdiDalam ? adalah buku pertamanya yang terbit sekitar awal tahun 2015 lalu. Buku ini adalah buku bergenre motivasi dan nasihat yang cukup simpel dan bisa dibaca sekali duduk. Menariknya, ketika Kawan-kawan membaca buku ini, Kawan-kawan akan mendapat nasihat-nasihat menarik tanpa perlu merasa sedang dinasehati.  Dengan pembawaan bahasa yang ringan dan gue banget, Rio menjadikan buku ini cocok untuk dibaca oleh semua kalangan, khususnya remaja dan anak-anak sekolah.

Tuh, saya dapat tanda tangan penulis beserta tulisan: Terus berpeluh dalam dunia yang tidak semua orang tahu keluarbiasaannya. Agaton, Keep reading, keep writing
 
Masa-masa remaja yang penuh dengan intrik sangat ringan dibahas dalam buku ini. Mungkin Kawan-kawan pernah merasa mempertanyakan bagaimana hakikat masa remaja yang sebenarnya. Masa-masa dimana kita mencari jatidiri menuju kedewasaan yang sesungguhnya. Masa dimana kita mencoba-coba mengeksplorasi semua hal dari yang positif hingga negatif.

Walaupun tidak semua permasalahan remaja dibahas dalam buku ini, Rio mencoba untuk mengalihkan perhatian remaja yang tadinya berkutat kepada hal-hal tidak penting seperti, galau pacaran, nongkrong-nongkrong tidak karuan kepada  hal-hal yang bisa memberikan gairah positif remaja. Seperti dalam suatu bab, Rio membahas bagaimana seorang remaja harus memiliki mimpi, bagaimana mimpi tersebut dicapai dan bagaimana supaya kita tetap optimis.

Secara umum buku ini mencoba membawa Kawan-kawan untuk fokus terhadap hal-hal yang bermanfaat. Misalnya fokus memanfaatkan waktu, fokus merealisasikan mimpi  ataupun fokus menggapai akhirat. Melalui pendekatan religiusnya, Rio ingin menyampaikan bahwa untuk mencapai semua hal-hal tersebut diperlukan tangan-tangan tidak terlihat, yaitu bantuan Allah SWT. Dengan begitu kita akan dan hanya akan selalu bergantung padaNya selama melewati masa-masa sulit dalam melalui kehidupan.

Penasaran kan terhadap bukunya? Langsung saja pergi ke toko buku terdekat. Kawan-kawan juga bisa mengontak penulis di twitternya @Rio_Alfaj atau melalui email rio.alfajri@gmail.com. Selamat membaca!

No comments

Powered by Blogger.